Mengenal Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP

Defenisi Vlookup dan Hlookup
       Vlookup dan Hlookup adalah suatu fungsi yang ada didalam Ms.Office  Exel yang digunakan untuk mencari  dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarka  suatu nilai tertentu.
        Vlookup merupakan singkatan dari vertical lookup yang menggambarkan proses kerjanya mencari data secara vertikal baris demi baris. Hlookup merupakan singkatan dari horizontal lookup yang menggambarkan proses kerjanyamencari data secara horizontal.
        Bentuk penulisan fungsi Hlookup dan Vlookup 
=HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_indek_num;(range_lookup))
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_indek_num;(range_lookup))
1.lookup_value = nilai atau teks sebagai dasar untuk pembacaan table 
2.table array = merupakan table referensi(table yang diambil/dimuat didatanya)
3. row_index_num/col_index_num = nomor indeks baris(row) atau kolom(col) pada table referensi yang berisi nilai yang kita inginkan berdasarkan hasil percocokan (kolom keberapa yang ingin diambil/dimuat datanya)
4.range_lookup = bernilai true atau false.
 

Komentar